FORMAT PENILAIAN KINERJA GURU

CONTOH FORMAT HASIL PENILAIAN KINERJA GURU

TAHUN  2010/2011

Nama Sekolah     : SMP Negeri 2 Telagasari Karawang

Nama Guru    :……………………………………………………………

No Standar Kompetensi Aspek Kompetensi Inti Guru skor

mak

Jml

Skor

1 Kompetensi Paedagogik 1.   Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.

2.   Menguasai teori belajar dan prinsip–prinsip pembelajaran yang mendidik.

3.   Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

4.   Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.

5.   Memenfaatkan teknolgi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.

6.   Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

7.   Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.

8.   Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

9.   Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.

10.Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

4

 

3

 

6

 

 

6

 

1

 

2

 

 

2

7

 

4

 

3

 
2 Kompetensi Kepribadian 1.   Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional indonesia.

2.   Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia , dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.

3.   Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.

4.   Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.

5.   Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

2

 

 

3

 

2

 

3

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3 Kompetensi Sosial 1.    Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.

2.    Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat.

3.    Beradaptasi di tempat tugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.

4.    Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

2

 

 

 

3

 

 

 

2

 

 

2

 
4 Kompetensi Profesional 1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.

4. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

20

 

 

3

 

 

2

 

4

 

2

 
    Jumlah 92 / 91  

 

 

Nilai Kinerja guru kelas = Σ skor Pa ) + (Σ skor Ke) + Σ skor So) X (Σ skor Pr ) X 100

92

 

Nilai Kinerja guru Mapel = (Σ skor Pa ) + (Σ skor Ke) + Σ skor So) X (Σ skor Pr ) X 100

91

Kualifikasi Hasil Penilaian

Nilai kinerja guru dikualifikasisan sebagai berikut.

Rentang nilai Kualifikasi Keterangan
86 – 100 A Sangat Baik
71 – 85 B Baik
55 – 70 C Cukup
41 – 54 D Kurang
0 – 42 E Sangat Kurang

 

C.9. Rekomendasi Hasil Penelitian Kinerja Guru

No Rentang nilai Kualifikasi Rekomendasi Interpretasi rekomendasi
  86 – 100 A R.1 1.  Guru berkinerja sangat baik

2.  Pembinaan karier dioptimalkan

  71 – 85 B R.2 1. Guru berkinerja baik

2. Pembinaan karier dioptimalkan

  55 – 70 C R.3 1. Guru berkinerja cukup

2. Perlu pembinaan standar kompetensinya

  41 – 54 D R.4 1. Guru berkinerja kurang

2. Perlu pembinaan khusus

  0 – 42 E R.5 1. Guru berkinerja sangat kurang

2. Tidak layak menjadi guru

 

 

About wandiyo

kepala sekolah
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment