Contoh RPP Kreatif Ala Jepang

Rencana pengembangan pembelajaran yang kreatif.

RENCANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

OLEH : WANDIYO,M.Pd

( Kepala SMP Negeri 2 Telagasari )

Telp.(0267)480121 HP.085885122805

 

1.      Hari/Tanggal             : Selasa, 9 Nopember 2010

2.      Tingkat                        : Kelas IXF

Siswa Laki-Laki          : 18 orang , Siswa Perempuan : 22 orang ,

Total Siswa 40 orang

3.      Tema                           : Peluang Kejadian

4.      Sasaran                      :  1. Menemukan titik sampel  suatu kejadian

2. Menemukan ruang sampel suatu kejadian

 

5.      Proses  Pembimbingan :

Kegiatan Guru Respon Siswa yang Bisa Diperkirakan Bentuk Kegiatan Keterangan
Mencatat hasil pelemparan 2 mata uang logam secara bersama-sama.

Berapa titik sampel yang mungkin muncul?

Pikirkan dan simpulkan ruang sampelnya?

(angka1angka2),(angka1gambar2)

(gambar1angka2),(gambar1gambar2)

 

 

Titik sampelnya ada 4 kemungkinan

 

Ruang sampel yang diharapkan (aa,ag,ga,gg)

 

Individu

Kelompok

Membagikan ke masing-masing kelompok dengan 2 mata uang logam yang sejenis misalnya uang logam Rp50,- , Rp100,- , Rp500,-

Dengan kesepakatan muka dengan gambar garuda disebut sebagai  gambar(g) dan muka nominal besar uang sebagai angka(a)

Mencatat hasil pelemparan 2 buah dadu dilempar secara bersama-sama.

Berapa titik sampel yang mungkin muncul?

Pikirkan dan simpulkan ruang sampelnya?

 

Titik sampelnya ada yang diharapkan  36 kemungkinan

 

Ruang sampel yang diharapkan

{11,12,13,14,15,16

21,22,23,24,25,26

31,32,33,34,35,36

41,42,43,44,45,46

51,52,53,54,55,56

61,62,63,64,65,66}

 

Individu

Kelompok

Membagikan ke masing-masing kelompok dengan 2 buah dadu yang sejenis misalnya  untuk membedakan dadu pertama dengan warna putih dadu kedua dengan bukan putih

 

Mencatat hasil pelemparan 1 mata uang logam  dengan 1 buah dadu dilempar secara bersama-sama.

Berapa titik sampel yang mungkin muncul?

Pikirkan dan simpulkan ruang sampelnya?

 

 

 

Titik sampelnya ada 12 kemungkinan

 

Ruang sampel yang diharapkan (a1,a2,a3,a4,a5,a6)

(g1,g2,g3,g4,g5,g6)

 

Individu

Kelompok

Membagikan ke masing-masing kelompok dengan 1mata uang logam dan 1 buah dadu misalnya uang logam Rp50,- , Rp100,- ,atau  Rp500,-

Dengan 1 buah dadu  kesepakatan muka dengan gambar garuda disebut sebagai  gambar(g) dan muka nominal besar uang sebagai angka(a)

Mencatat hasil pelemparan 3 mata uang logam  dengan dilempar secara bersama-sama.

Berapa titik sampel yang mungkin muncul?

Pikirkan dan simpulkan ruang sampelnya?

 

 

 

Titik sampelnya ada 8 kemungkinan

 

Ruang sampel yang diharapkan  (aaa,aag,aga,agg,gaa,gag,gga,ggg)

 

 

Individu

Kelompok

Membagikan ke masing-masing kelompok dengan 1mata uang logam dan 1 buah dadu misalnya uang logam Rp50,- , Rp100,- ,atau  Rp500,-

kesepakatan muka dengan gambar garuda disebut sebagai  gambar(g) dan muka nominal besar uang sebagai angka(a)

Jika benda yang dilempar bersama-sama di kombinasikan antara uang logam dan dadu dengan lebih dari 2 benda , maka berapakah jumlah titik sampel dari kejadian tersebut ? tunjukkan dengan berbagai contoh hasil diatas Jika 2 mata uang logam , maka titik sampelnya = 2 muka x 2 muka = 4

 

Jika 2 dadu , maka titik sampelnya = 6 muka x 6 muka = 36 buah

 

Jika 3 mata uang logam, maka titik sampelnya= 2muka x 2 muka x 2 muka = 8 buah

 

Jika 3 dadu, maka titik sampelnya = 6muka x 6 muka x 6muka = 216 buah

 

Jika 2 mata uang logam dan 2 dadu , maka titik sampelnya = 2 x 2 x 6 x 6 = 144 buah

Dst

Individu

 

 

 

Kelompok

 

 

 

Semua

Memotivasi pada siswa secara individual

 

Memotivasi pada siswa secara kelompok

 

Memotivasi pada siswa secara klasikal untuk dapat menghubungkan dari beberapa contoh yang telah dilakukan

 

 

Kalau  rumus perhitungan dipermudah , maka apa yang akan disadari siswa ? Banyak muka benda 1 x banyak muka benda 2 x banyak muka benda3 x … =  banyak titik sample  

semua

Meminta siswa untuk menyampaikan apa yang dipahami dengan kalimat siswa

 

 

 

Soal 1 :

Tentukan banyak titik sampel  pada pelemparan 4 buah dadu secara bersama-sama . Pikirkan dengan lebih dari 2 cara untuk menghitungnya !

 

 

Soal 2 :

Tentukan banyak titik sampel  pada pelemparan  5 buah mata uang logam secara bersama-sama . Pikirkan dengan lebih dari 2 cara untuk menghitungnya !

 

 

Soal 3 :

Tentukan banyak titik sampel  pada pelemparan 4 buah dadu dan 4 buah mata uang logam secara bersama-sama . Pikirkan dengan lebih dari 2 cara untuk menghitungnya !

 

Soal 4 :

Tentukan banyak titik sampel  pada pelemparan n buah mata uang logam dan m buah dadu secara bersama-sama . Pikirkan dengan  cara menuliskan rumus umum untuk menghitungnya !

 

 

Karawang ,   Nopember 2010

Guru mata Pelajaran

 

 

 

WANDIYO,M.Pd

NIP. 1966100919900310004

About wandiyo

kepala sekolah
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s